Selasa, 04 Agustus 2015

PEKAN RELAWAN 2014

Generasi muda adalah pelurus dan pewaris Bangsa dan Negara ini, baik buruknya bangsa kedepan tergantung kepada bagaimana generasi mudanya, apakah generasi mudanya memiliki kepribadian yang kokoh, memiliki semangat Nasionalisme dan karakter yang kuat untuk membangun Bangsa dan Negaranya (nation and character), apakah generasi mudanya memiliki dan menguasai pengetahuan dan tekhnologi untuk bersaing dengan Bangsa lain dalam tataran global dan tergantung pula kepada apakah generasi mudanya berfikir positif untuk berkreasi yang akan melahirkan karya–karya nyata yang monumental dan membawa pengaruh dan perubahan yang besar bagi kemajuan Bangsa dan Negaranya.
Dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 September maka melalui kegiatan Pekan Relawan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Khusus KSR STAIN Pekalongan ini diharapkan bisa menjadi sarana peningkatan kesadaran dan kemampuan para generasi muda di Kota Pekalongan sebagai agen perubahan.
Kegiatan ini bernama “ PEKAN RELAWAN ". Kegiatan Ini bertemakan “Aksi Kemanusiaan Tiada Henti, tanpa Diskriminasi” yang dilaksanakan pada tanggal 22-28 september 2013. Kegiatan Pekan Relawan merupakan suatu rangkaian acara yang dilaksanakan selama satu minggu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua III STAIN Pekalongan yaitu Drs. Muslih Husein, M. Ag pada tanggal 22 September 2013. Setelah pembukaan langsung dilanjutkan dengan acara perlombaan yang diikuti oleh anggota-anggota PMR Wira se-kota Pekalongan. Ada dua macam perlombaan yaitu Lomba Poster PMR Wira dengan tema “ Remaja Sehat dengan Aksi Doras” yang diikuti oleh anggota PMR Wira baik laki-laki maupun perempuan. Dan perlombaan yang kedua adalah Lomba Duta PMR Wira dengan tema “Kaum Muda Sebagai Agen Perubahan” yang setiap sekolah harus mendelegasikan 2 orang (siswa dan siswi). Acara selanjutnya yaitu aksi Donor Darah Sukarela yang dilaksanakan pada tanggal 23 September 2013 yang berlokasi di Auditorium STAIN Pekalongan. Terdapat 54 orang yang berpartisipasi untuk mendonorkan darahnya secara sukarela. Sungguh sesuatu yang sangat membanggakan bisa mengajak orang-orang sebanyak itu untuk mendonorkan darahnya. Mereka terdiri dari para dosen, mahasiswa dan staf STAIN Pekalongan. Merupakan suatu kebanggaan bagi setiap orang ketika dirinya berguna bagi hidup orang lain. Hal tersebut membuat para donor lebih bersemangat untuk berpartisipasi. Untuk mempersiapkan acara selanjutnya, rangkaian acara Pekan Relawan diberi jeda 1 hari. Baru pada tanggal 25 September 2013 diselenggarakan acara berikutnya yaitu Sosialisasi Gosok Gigi yang dilaksanakan di MI Sudirman Pekalongan. Sosialisasi tersebut diadakan guna memberi wawasan mengenai pendidikan gosok gigi di kalangan siswa sekolah dasar atau sederajat. Rangkaian acara Pekan Relawan ditutup dengan diselenggarakannya Seminar Kesehatan dengan tema “Ketika Remaja Berbicara Tentang Seks” pada tanggal 28 September 2013. Seminar ini diikuti oleh para mahasiswa, pelajar dan umum, dengan pembicara dr. Iswara Chandra Herlinawati (Ka. Poliklinik PMI daerah Jawa Tengah) dan dr. Tedjawati (Kabid. Kesehatan Keluarga dan Gigi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan). Diselenggarakannya seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai pendidikan seks di kalangan mahasiswa, pelajar dan umum.

Dokumentasi...









0 komentar:

Posting Komentar