Rabu, 05 Agustus 2015

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DASAR (DIKLATSAR) UKK KSR-PMI UNIT STAIN PEKALONGAN TAHUN 2014

Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) merupakan suatu rangkaian kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap individu yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan ingin berkecimpung serta mengabdi dalam dunia ke-Palang Merah-an. Dalam kegiatan tersebut mereka akan dididik dan dilatih sedemikian rupa sehingga setelah mereka lulus dari DIKLATSAR mereka akan menjadi generasi relawan PMI yang siap terjun di masyarakat serta berbakti kepada bangsa dan negara.

DIKLATSAR merupakan syarat utama untuk dapat menjadi anggota Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI). Di dalamnya terdapat kurikulum yang harus ditempuh oleh masing-masing individu selama 120 jam pelajaran, baik yang dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan maupun secara bertahap. Tidak hanya sekedar teori-teori yang diajarkan kepada mereka, tetapi mereka harus mempraktikkan teori yang sudah mereka dapat dalam suatu kegiatan yang bernama “Simulasi Bencana”. Dalam kegiatan tersebut keadaan diatur sedemikian rupa yang dapat merepresentasikan situasi dan kondisi pada saat terjadinya bencana. Di situ para calon relawan akan mempraktikkan teori-teori yang mereka dapat sehingga mereka benar-benar memahami apa yang sudah mereka pelajari dan diharapkan mereka mampu mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari.

DIKLATSAR tahun 2014 dengan tema “Relawan Beraksi: Membangun Solidaritas dan Totalitas untuk Kemanusiaan” merupakan DIKLATSAR ke-3 yang telah diselenggarakan oleh UKK KSR-PMI unit STAIN Pekalongan dengan jumlah peserta sebanyak 36 mahasiswa. Para mahasiswa STAIN Pekalongan yang ingin bergabung dalam UKK KSR-PMI unit STAIN Pekalongan harus mengikuti kegiatan DIKLATSAR terlebih dahulu. Pelaksanaan DIKLATSAR dilakukan secara bertahap mengingat banyaknya kurikulum yang harus ditempuh sehingga mambutuhkan waktu yang cukup panjang. Penyampaian materi-materi ke-Palang Merah-an dilaksanakan setiap minggu yang disebut dengan kegiatan “Latihan Rutin”. Latihan Rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 10.30-12.30 WIB di lingkungan Kampus STAIN Pekalongan terhitung sejak tanggal 6 September 2014 sampai dengan 8 November 2014. Kemudian puncak dari kegiatan DIKLATSAR ini dilaksanakan pada tanggal 14-16 November 2014 di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. 

Puncak kegiatan DIKLATSAR dilaksanakan dengan cara membuat perkemahan di daerah pedesaan yang mempunyai medan yang cukup representatif untuk melakukan simulasi bencana. Kegiatan tersebut merupakan suatu pemantapan bagi para calon relawan setelah sekian lama mereka mengikuti kegiatan latihan rutin. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi-materi yang belum sempat tersampaikan dalam latihan rutin ataupun materi-materi yang membutuhkan pendalaman. Materi dalam puncak kegiatan DIKLATSAR ini disampaikan oleh para relawan dari PMI Kota Pekalongan dan PMI Kabupaten Batang yang sudah berpengalaman dan kompeten dalam bidang ke-Palang Merah-an.

Setelah semua rangkaian kegiatan DIKLATSAR berhasil ditempuh oleh masing-masing mahasiswa, mereka resmi menjadi anggota UKK KSR-PMI unit STAIN Pekalongan dengan harapan mereka dapat menjadi relawan sejati yang siap, cakap, sigap dan tangguh serta dicintai masyarakat.

Dokumentasi....











0 komentar:

Posting Komentar