Kamis, 06 Agustus 2015

HALAL BI HALAL DAN EVALUASI TENGAH PERIODE

Awal tahun merupakan salah satu momen penting bagi siapa saja, begitu pula dengan organisasi intra kampus UKK KSR Unit STAIN Pekalongan. Seperti halnya awal tahun 2015, tradisi pergantian pimpinan atau reorganisasi menjadi prosesi turun temurun. Terpilihnya Riska Musyafikoh sebagai Komandan dalam MUKERTA UKK KSR Unit STAIN Pekalongan di gedung YAGIS yang kemudian dilanjutkan pelantikan Januari lalu, menjadi awal baru kepengurusan KSR PMI Unit STAIN Pekalongan periode 2015. Dengan demikian, pada bulan Juli tanpa terasa kepengurusan UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan periode 2015 memasuki pertengahan periode. Satu semester bukan perjalanan yang gampang dan penuh tantangan dalam melaksanakan berbagai program kerja. Maka dari itu, pengurus menyadari betul fungsi evaluasi dalam sebuah organisasi. Evaluasi tengah periode adalah salah satu momentum penting yang dapat digunakan pengurus untuk melakukan evaluasi kinerja selama setengah periode dengan didampingi pembina dan dewan kehormatan diharapkan dapat bermanfaat untuk kelancaran pelaksanaan program kerja selanjutnya demi kemajuan UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan. 

Akhirnya Minggu 2 Agustus 2015 bertempat di daerah Krapyak Lor, rumah Saudari Robiatul Adawiyah yang merupakan salah satu anggota UKK KSR Unit STAIN Pekalongan, evaluasi tengah periode UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan periode 2015 tersebut dilaksanakan. Selain itu, momentum tersebut dimanfaatkan juga sebagai halal bi halal karena bertepatan dengan bulan Syawal. Kegiatan tersebut dihadiri oleh pembina UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan yaitu Bapak Mutho’in dan pembimbing UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan yaitu Bapak Syarif Hidayatullah, serta tidak ketinggalan lima orang anggota dewan kehormatan juga turut hadir membersamai rangkaian kegiatan evaluasi dan halal bi halal tersebut. 

Rangkaian kegiatan evaluasi dan halal bi halal dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan acara pembukaan yang dipandu oleh Ratih Budiaryati selaku Master of Ceremony. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi program kerja melalui pembacaan program kerja yang telah terlaksana dan yang belum terlaksana untuk kemudian dilanjutkan kritik dan saran dari semua anggota yang hadir pada kegiatan tersebut. 

Pembacaan dimulai oleh Saudari Fitrotul Inayaturrohmah mewakili badan pengurus harian, dilanjutkan Saudara Kurniawan mewakili Divisi Pengabdian Masyarakat, Saudari Kiptia Dwi Nabila mewakili Divisi Donor Darah Sukarela, Saudara Ricki Galih Prabowo mewakili Divisi Pendidikan dan Pelatihan, Saudari Nur Khasanah mewakili Divisi Kesejahteraan Anggota dan Logistik dan Saudari Ayu Rahmawati mewakili mewakili Divisi Penelitian dan Pengembangan Organisasi. 

Salah satu pembahasan yang menarik saat evaluasi tengah periode tersebut adalah terkait kegiatan pengukuhan. Dimana program tersebut merupakan program kerja yang baru dilaksanakan satu kali selama empat tahun berdirinya UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan. Pembahasan ini dimulai dengan penyampaian rekomendasi penyelenggaraan kegiatan pengukuhan dari eks pembina UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan yaitu Bapak M. Sugeng Sholehudin oleh komandan UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan, yang merekomendasikan agar kegiatan pengukuhan dilaksanakan dalam satu rangkaian kegiatan bersama pelantikan. Pernyataan tersebut mendapat tanggapan dari pembina, pembimbing dan beberapa anggota UKK KSR PMI Unit STAIN Pekalongan sehingga sempat menjadi perdebatan panjang dan akan ditindaklanjuti saat rapat kerja periode kepengurusan yang akan datang. Begitupun selanjutnya saat penyampaian program kerja dari BPH dan divisi-divisi yang lain mendapat respon dan kritik yang membangun, kegiatanpun berjalan secara komunikatif dan menyenangkan.

1 komentar: