Minggu, 16 Februari 2014

DIKLATSAR 2013


“Berbekal Tujuh Peinsip Menuju Relawan Sejati yang Responsif” Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, segala macam bentuk bencana baik yang disebabkan karena faktor alam maupun karena ulah tangan manusia selalu memberikan dampak kerugian materi maupun immateri.


Keadaan tersebut diperparah dengan adanya pertumbuhan penduduk dunia yang terus mengalami lonjakan, termasuk di dalamnya adalah Negara Indonesia, di mana keadaan tersebut telah memicu krisis baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya maupun moral. Beranjak dari hal itu maka diperlukan suatu upaya pencegahan serta penanggulangan yang dimotori oleh para pemuda dan pemudi yang tergerak untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik untuk masyarakat dan negara.

Keberadaan Korps Sukarela di lingkungan Perguruan Tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi yang positif dalam upaya melaksanakan tugas kemanusiaan pada sesama. Korps Sukarela (KSR) adalah kegiatan dari PMI, yang merupakan anggota remaja PMI. Anggota yang dididik agar menjadi manusia yang berkemanusiaan dan dipersiapkan sebagai kader PMI yang baik dan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban ke-Palang Merah-an. Pembinaan dan pengembangan. Korps Sukarela (KSR) diselenggarakan berdasarkan ketentuan pada buku Pedoman KSR disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat, sejalan dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Perhimpunan Palang Merah Indonesia serta Pedoman PMI lainnya.

Pendidikan dan Pelatihan Dasar juga diartikan sebagai pintu gerbang masuknya mahasiswa baru di dunia PMI, sehingga Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) menjadi sebuah kegiatan awal yang perlu dilakukan oleh calon anggota UKK KSR-PMI demi menciptakan generasi PMI yang siap berbakti kepada bangsa dan Negara. Kegiatan DIKLATSAR 2013 dilaksanakan di Agrowisata Selopajang, Ds. Selopajang, Kec. Blado, Kab. Batang pada tanggal 16-18 November 2013. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa STAIN Pekalongan dengan jumlah peserta 30 orang yang terdiri dari 10 orang peserta putra dan 20 orang peserta putra. Narasumber dalam kegiatan DIKLATSAR ini adalah para relawan dari PMI Kota Pekalongan dan PMI Kabupaten Batang yang kompeten dalam bidang ke-Palang Merah-an. Adapun materi-materi ke-Palang Merah-an yang disampaikan narasumber dalam kegiatan DIKLATSAR ini adalah:
1. Assessment 
2. Leadership
3. Pertolongan Pertama
4. Manajemen Bencana
5. Evakuasi
6. PSP
7. Shelter
8. Water and Sanitation
9. RFL
10. Simulasi Bencana

Berikut Dokumentasi Kegiatan...












0 komentar:

Posting Komentar